Nutrisi Sehat Variasi Bubur Susu

Written by Adi Baskoro

Air Susu Ibu (ASI) memang makanan utama bagi bayi. Namun, pada usia empat bulan ke atas, bayi membutuhkan makanan yang lebih padat sebagai pendamping ASI, karena meningkatnya kebutuhan gizi bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan otaknya. Maka, ibu harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai makanan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan bayi.
Masa bayi adalah periode emas. Yaitu merupakan peluang orangtua untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Hal ini, salah satunya dapat diwujudkan melalui pola asuh makan yang sehat, baik, dan benar. Bayi yang mendapatkan pola asuh makan yang tepat, pertumbuhan dan perkembangannya akan berjalan optimal.

Selain itu, saat bayi sudah membutuhkan makanan tambahan, orangtua sebaiknya memperkenalkan dengan beragam makanan yang tentunya harus sesuai dan diterima oleh sistem pencernaan bayi yang masih lemah. Sebab, kesukaan (preferensi) terhadap makanan perlu dibentuk sejak dini. Apabila tidak, anak akan bergantung kepada sedikit variasi makanan saja. Akibatnya, kelengkapan gizi anak tidak terpenuhi.

Di dalam buku “Variasi Bubur Susu; Untuk Usia 4 – 12 Bulan” ini, Dra. Mutiara Dahlia, M.Kes dan Dr. Ruslianti, M.Si menjelaskan dan memberikan arahan tentang makanan tambahan bagi bayi. Yaitu mencakup pemilihan bahan yang benar dengan kandungan zat vitamin dan mineralnya dari masing-masing jenis makanan, dan pengolahan makanan tambahan bayi dalam bentuk bubur susu. Juga dijelaskan tentang faktor makanan bagi pertumbuhan bayi, serta pertumbuhan dan perkembangan fisik bayi.

Variasi bubur yang disajikan dalam buku ini di antaranya, bubur susu pepaya apel, susu mangga pisang, susu avokat pisang, susu tomat pisang wortel, susu kentang wortel keju, susu kacang hijau pisang mangga, susu hunkwe keju, susu jagung manis kuning telur, susu beras merah hati ayam, susu beras merah ikan kakap, susu havermouth telur keju, susu ubi keju tuna, susu kacang kedelai ikan tuna keju, dan susu kedelai  labu keju.

Buku yang diterbitkan AgroMedia ini sangat tepat menjadi panduan, terutama bagi orangtua, pembuat makanan bayi, dan praktisi gizi dan kesehatan anak. Sehingga Anda bisa membuat bubur susu untuk bayi dengan berbagai variasinya secara mudah, dengan hasil yang baik dan tepat untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi.

http://agromedia.net/index.php?option=com_content&task=view&id=198&Itemid=1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s