Sistem Manajemen Aset Negara Lemah

Jakarta-MI: Akibatnya buruk system manajemen, sudah tidak terhitung lagi aset Negara di departemen-departemen bernilai triliunan rupiah berpindah tangan atau menjadi milik pribadi. Bahkan, berdasarkan penelusuran Komisi Pemberantasan Korupsi, ada aset Negara yang berupa rumah milik dimiliki sejumlah pejabat Negara yang masih aktif. Anehnya lagi, ada rumah yang dimiliki orang-orang luar. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Todung Mulya Lubis (Ketua TI)

JIKA aset negara dipindahtangankan menjadi aset pribadi, tentunya itu perbuatan hukum yang bisa juga mengarah ke tindak pidana korupsi. Dengan syarat, itu terbukti. Ketidakjelasan aset negara ditambah lagi nilainya tidak wajar tentu bisa menimbulkan macam-macam manipulasi yang merugikan negara. Kenyataannya, itu telah terjadi dan akan terus terjadi. (Ang/X-5)

Eko Prasojo (Pakar Administrasi Negara)

PENGALIHAN aset negara menjadi aset pribadi akibat lemahnya sistem manajemen aset. Ketika pejabat pensiun, berakhir pula pencatatan negara terhadap aset-aset yang dipinjamkan. Penyebab kedua, lemahnya sistem pengawasan. Seharusnya Depkeu dan BPKP mengawasi aset milik negara. Penyebab terakhir, pejabat tidak pernah mengumumkan asetnya sebelum dan sesudah menjabat. (IR/X-5)

Agus Widjanarko  (Sekjen Departemen PU)

SEBELUMNYA memang ada perubahan status golongan rumah dari golongan III ke II. Tapi itu sesuai dengan peraturan lama, yang memungkinkan rumah itu dijadikan hak milik. Namun ketika saya menjabat Dirjen Cipta Karya, semua aset negara yang sempat dialihkan sudah diselesaikan karena ada peraturan baru yang tidak memperbolehkan pengalihan aset negara. (Slv/X-5)

Sumber: MEDIA INDONESIA / Senin, 14 April 2008

One thought on “Sistem Manajemen Aset Negara Lemah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s