PEMBUATAN BRIKET ARANGDARI SERBUK GERGAJI

Pendahuluan

Pada awal perkembangannya, kayu adalah sumber bahan bakar yang paling banyak dipakai karena mudah didapat dan sederhana penggunaannya. Namun dewasa ini tekanan terhadap hutan sangatlah berat sehingga mengurangi persediaan kayu sebagai bahan bakar. Untuk itu diperlukan alternatif penggantiannya, dan salah satunya adalah pembuatan briket arang. Dalam upaya pemanfaatan limbah serbuk gergaji, dimana serbuk gergaji merupakan bahan yang masih mengikat energi, oleh karena itu rantai pelepasan energi dimaksud diperpanjang dengan cara memanfaatkan serbuk gergaji sebagai bahan pembuatan briket arang.

Manfaat Briket Arang

Dengan penggunaan briket arang sebagai bahan bakar maka kita dapat menghemat penggunaan kayu sebagai hasil utama dari hutan. Selain itu penggunaan briket arang dapat menghemat pengeluaran biaya untuk membeli minyak tanah atau gas elpiji.Dengan memanfaatkan serbuk gergaji sebagai bahan pembuatan briket arang maka akan menningkatkan pemanfaatan limbah hasil hutan sekaligus mengurangi pencemaran udara, karena selama ini serbuk gergaji kayu yang ada hanya dibakar begitu saja.Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan pendapatan masyarakat bila pembuatan briket arang ini dikelola dengan baik untuk selanutnya briket arang dijual.Bahan pembuatan briket arang mudah didapatkan disekitar kita berupa serbuk kayu gergajian.

Cara Pembuatan Briket Arang :

1. Peralatan

a.. Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
b.. Cetakan briket
c.. Oven.
2. Bahan

- Serbuk gergaji

- Tempurang kelapa

- Lem kanji

Proses pembuatan media tumbuh jamur adalah sebagai berikut :

- Pengarangan

Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).

- Pengayakan

Pengayakan maksud untuk menghasilkan arang serbuk gergajian dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh.

- Pencampuran media

Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % dan arang tempurung kelapa 10 %. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan briket dan dikempa.

++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++

SAMPAH BISA JADI BRIKET

Jangan buang atau bakar daun yang berjatuhan! Sampah organik itu ternyata bisa diolah menjadi briket atau bahan bakar padat untuk memasak. dengan demikian, Anda tak perlu keluar uang atau pusing mencari minyak tanah atau gas.

Briket dari sampah dedaunan ini merupakan hasil penelitian usman (26), guru SMAN 17 Palembang, Sumatra Selatan. Sarjana Biologi dari Universitas Sri-Wajaya ini merupakan salah satu dari 10 peraih penghargaan dalam bidang pendidikan sains. Usman memperoleh hadiah Rp 17,5 juta.

Ditemui usai penerimaan penghargaan di Ball Room Hotel, Sangrila Jakarta Pusat Rabu (13/2), Usman menjelaskan, ide membuat briket dedaunan ini muncul tahun 2006. Gagasan itu terealisasi tahun 2007 dan dilombakan diajang Indonesia Toray Science Foundation ( ITSF ) yang di gelar tiap tahun

Sebagai orang yang banyak menggeluti dunia Biologi, Usman teringat dengan batu bara. Briket itu ternyata berbahan bakunya bisa dari mana saja. Saat itu juga Usama langsung bereaksi dan meyakini bahwa sampah dedaunan bisa juga dijadikan briket.

“Jadi buat masyarakat jika banyak sampah daun-daunan sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Jangan juga cuma dibuat pupuk kompos. Ternyata sampah dedaunan bisa dibuat menjadi briket. Caranya sangat mudah dan hasil penelitian saya ini bisa diadopsi masyarakat Jakarta, ” tutur Usman.

Hasil penelitian Usman dinyatakan berhasil dan berguna buat banyak orang. Di SMA 17 Palembang, program pengolahan sampah dedaunan menjadi sebuah briket diajarkan kepada siswa. “Kami menjadi pilot project buat sekolah lain,” katanya.

Sementara itu, Arif Kusmianto (40), asal Sidoarjo, Jawa Tengah, yang sekarang mengajar di SMAN 1 Bulukumba, Sulawesi Selatan, mempersembahkan hasil karya berupa bahna bakar nabati dari biji-bijian.

Menurut arif, biji rambutan, biji buah banci, biji buah gayam, dan biji kelor bisa dijadikan bahan bakar nabati. Caranya dengan merendam biji-bijian dari satu jenis buah itu dicampur alcohol selama 24 jam atau sehari penuh. Rendaman harus ditutup rapat sehingga terjadi penguapan.

Selanjutnya dilakukan proses destilasi yang bertujuan untuk memisahkan penguapan tadi yang kemudian dibakar. “Hasilnya memang sedikit, karena sebagian berubah menjadi seperti minyak nabati yang bisa digunakan untuk bahan bakar ataun lilin.

Cara buat briket sampah

1. Kumpulkan sampah daun di halaman rumah
2. Sampah dibakar bersama campuran lem kanji dan arang batok kelapa.
3. Lamanya pembakaran tergantung dari volume sampah daun.
4. Campuran sampah daun, lem kanji, dan batok kelapa jangan sampai jadi arang.
5. Hasil pembakaran dicetak ke dalam pipa paralon.
6. Cetakan itu dikeringkan 1-2 hari dan hasilnya siap untuk memasak. Biasanya untuk tukang sate.

Sumber : – Warta Kota

http://selatan. jakarta.go. id/bangunpraja/ index.php? option=com_ content&task= view&id=89& Itemid=1

++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++

INOVASI KOMPOR SAMPAH

Sampah adalah benda tak berguna. Tapi, tahukah Anda, sampah bisa dijadikan bahan bakar pengganti minyak?

Bahan bakar berbentuk briket itu pertama dikembangkan oleh kelompok aktivis lingkungan hidup Nepal. Foundation for Sustainable Technologie (FoST) –nama LSM itu– melirik potensi yang terkandung dalam sampah yang menumpuk dan mengotori jalan dan sungai di Kathmandu dan kota-kota lain di Nepal.

Lantas muncullah ide pembuatan briket sampah, meniru briket batu bara yang lebih dulu dikenal masyarakat Nepal. Bedanya, residu dan asap briket batu bara sangat mengotori udara, sedangkan briket sampah relatif lebih bersih. Tak berasap, tak beresidu. Selain itu, cara memproduksi briket sampah itu terbilang mudah.

Cara pembuatan briket

Sampah-sampah yang digunakan sebagai bahan mentah briket adalah sampah kertas, bambu, serbuk gergaji, ampas tebu, daun, dan sampah organik lainnya.

Setelah dipilah, material tersebut dimasukkan ke sebuah tong berisi air yang dipanaskan. Lalu sampah-sampah itu dihancurkan dan diaduk laiknya membuat bubur kertas. Tak ada bahan kimia yang digunakan.

Kemudian bubur sampah tadi dicetak. Ada yang berbentuk cakram dengan lubang di tengahnya, ada juga yang berbentuk tablet. Ukuran garis tengahnya 5 cm dengan tebal 5 cm pula. Ada juga yang dicetak dengan genggaman tangan. Saat ini, FoST mengembangkan 10 jenis briket sampah.

Cara menggunakan

Untuk pembakaran, FoST juga memperkenalkan kompor khusus yang disebut rocket stove (kompor roket) berbentuk tabung dengan garis tengah sekitar 10 cm. Pada bagian bawahnya dipasang kipas angin bertenaga baterai untuk membantu pembakaran. Baterai yang digunakan, dua buah baterai 1,5 volt itu, yang tahan untuk sebulan penuh. Cukup praktis.

Apa Indonesia bakal turut menggunakan teknologi tepat guna ini? Saya harap begitu. Kita tunggu saja nanti.

http://tianarief. multiply. com/journal/ item/968/ inovasi_Kompor_ Sampah

About these ads

34 thoughts on “PEMBUATAN BRIKET ARANGDARI SERBUK GERGAJI

  1. boleh minta tolong kirimin jurnal2 tentang arang batok kelapa, bwt skripsi nih
    kalo bisa yg tentang perbedaan suhu terhadap komposisinya.
    thanx…

  2. Ada baiknya serbuk gergaji dan tempurung kelapa tidak dibuat arang dulu, tapi langsung dipress dengan campuran air eks pabrik pati tapioka.(limbah) dan dikeringkan dengan dijemur sampai didapat kadar air 10%, bila perlu dioven hingga mencapai kekeringan 8%. sehingga arang briket lebih tahan lama dan tidak mengeluarkan asap/bau.

  3. boleh minta tolong kirimin donk alat pengepress buat briket sampahnya, coz kita tau sampah yang ada disekitar kita sangat banyak dan kalo tidak ditangani dengan serius kan bisa menyebabkab terganggunya ekosistem yang ada dialam.

  4. untuk pembuatan briket dari serbuk gergaji bisa dilakukan tanpa penggunaan lem kanji (binderless).

    bisa dilakukan dengan cetakan/die yang bisa dipanasi, jika tekanan dan panasnya cukup, lignin yang terkandung di dalam serbuk gergajian akan meleleh dan membuat interkoneksi sehingga saat tekanan dan panas dilepaskan bahan tetap bisa merekat menjadi briket yang padat.

    aplikasinya yang sama bisa dilihat pada pembuatan hardboard dari limbah kayu.

    semoga bermanfaat

  5. boleh minta tolong dikirim cara pembuatan briket sampah dan briket arang secara detil (bahan,komposisi,alat dan cara pembuatannya)
    terima kasih

  6. wees….smoga briket buatan saya bisa bermanfaat juga ya,aminn..

    ps: zaman BBM mahal n ngantri gitu loh,kudu pinter2 mah qta,:-))

  7. Pendidikan perguruan tinggi menghasilkan peningkatan sarjana amat pesat (khususnya di Malang, tetapi hasil survey pada Juni 2008 ini sarjana mengagur sebesar 40 persen dari 14700 orang penganggur adalah SARJANA. Sudah saatnya Fakultas Terkait perlu menyebarluaskan informasi (mata kuliah) yang praktis misalnya temuan-temuan dari WEB ini. Tujuannya ialah untuk memberi bekal watak mandiri dan wiraswasta seperti temuan-temuan yang tertulis pada web ini. Oleh karena itu saya sangat mengharap adanya kerjasama yang saling menguntungkan antara si kuat (Pengusaha/Pejabat) dan si lemah (Penganggur) untuk mewujudkan temuan-2 ini demi kesejahteraan bersama (bangsa Kita) yang sedang sakit ini. Selamat kepada ahli-2 pemikir dengan penemuan-2 nya. Wasalam

  8. untuk produksi masal mungkin akan lebih murah lagi ya pak..
    untuk proses mixing akan lebih efisien kalo pake reaksi internal, jadi kita ndak perlu buat lem kanji terlebih dahulu. smua bahan dicampur jadi satu, setelah homogen tinggal ditambah air, tinggal dicetak jadi deh briketnya
    ini bahan2 yg bisa digunakan
    serbuk arang + tepung kanji + caustic soda + air secukupnya
    hasilnya bagus kok, ndak berbau/ berasap dan tdk kotor bila dipegang

  9. aku lagi produksi kompor arang kayu,baru berjalan 4 bulan dan sudah terjual kur-leb 1500 pcs.aku merasa kekurangan bahan baku arang dan mungkin bisa di berkan solusinya.

  10. tolong di jelaskan dengan lebih detail bagaimana cara memanfaatkan serbuk gergaji untuk bahan bakar (briket).karena di daerah saya desa cermo kec. kare kab. madiun jawa timur banyak serbuk gergaji di buang sia-sia.tolong dengan sangat.

  11. trims, sangat bagus berita nya. saya tinggal di pasuruan dimana banyak perusahaan mebel/pengrajin/tukang kayu yang menghasilkan serbuk kayu yang selanjutnya atas berita anda sepertinya bisa di jadikan briket. tolong berikan penjelasan lengkap cara pembuatan briket, karena saya pernah coba buat tapi kok tidak bisa jadi kotak-kotak (mrotoli)/tdk lengket.

  12. boleh saya diberi e-mail, andiri, yg kasih comment pada september 2, 2008, tentang jual kompor arang. mungkin saya boleh jadi reseller nya di kota saya, trims

  13. boleh dikirimkan penjelasan lebih detail tentang briket serbuk gergaji ke kasihint@gmail.com. bagaimana kalau tanpa arang batok kelapa? juga kalau kanji tanpa dibuat lem, apakah tetap bisa jadi? apakah hasilnya tidak berbau dan berasap? trims.

  14. trimakasih, atas info pembuatan briket dariserbuk gergajinya . pada kesempatan ini mohon gambar alat/tungku pembuatan arang serbuk gergaji kapasitas beberapa M3 satu kali operasi tetapi dengan cara relatif mudah dan bahan tungku mudah di dapatkan. atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih.

  15. saya juga suka inovasi namun saya mau tanya berapa besar kalor (panas)yang dihasilkan briket arang+serbut gergaji gimana cara ningkatkan jumlah kalornya jangan cuma ampasnya aja yang banyak

  16. DIDAERAH SAYA BANYAK SEKALI LIMBAH SERBUK GERGAJI DAN SAMPAI SEKARANG BLM ADA PENGETAHUAN TTG BRIKET DAN PEMBUATANNYA SY PENGEN ADA BUKU TTG PEMBATAN BRIKET SEHINGGA LIMBAH TSB DAPAT DI GUNAKAN DAN ALTERNATIF GUNA MENGHEMAT BBM OK

  17. terimakasih untuk infomai yang berguna ini. kalau boleh dan ada waktu, tolong dikirimkan informasi yang lengkap cara pembuatan briketnya dan kompornya beserta tulisan tulisan atau makalah lain yang mendikung ke email saya.

  18. kompor sampah yang cara nya dari nepal apa sudah baik dengan cara di rebus dulu dalam derum. karena untuk merebus air dalam drum sebelum sampahnya jadi bubur untuk di cetak sudah habiskan berapa banyak bahan bakarnya.

  19. kalau bisa pengunaan tempurung kelapa jadi bahan bakar. setelah habis enarginya di olah lagi tempurung itu jadi batako seperi kelapa sawit yang tempurungnya ( kenel) setelah di ambil energinya di mesin boiler arangnya nya di kirim ke usaha batako. hasilnya batako ringan dan hemat biaya. semoga ada yang mau mencobanya dari tempurung kelapa . kalau di tempat saya cuma ada perkebunan sawit saja jadi tidak bisa dilakukan percobaan dari tempurung kelapa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s